8 Penyebab Munculnya Kantung Mata

Bagikan

7 Penyebab Munculnya Kantung mata
7 Penyebab Munculnya Kantung mata

Tidak dimungkiri, kantung mata memang membuat sebagian orang merasa kurang nyaman. Penampilan jadi terlihat lebih tua dan tidak segar. Ada beberapa penyebab munculnya kantung mata, mulai dari kurang tidur, hingga faktor keturunan. Namun kantung mata bukanlah sesuatu yang Anda harus cemaskan. Jika Anda tahu bagaimana mengatasinya, Anda bisa meminimalisirnya atau hingga menghilangkannya.

Sebelum kita membahas tentang solusi mengatasi kantung mata pada artikel berikutnya, terlebih dahulu, mari kita ulas apa saja penyebab munculnya.

Penyebab Munculnya Kantung Mata

 

Ada beberapa faktor yang bisa Anda perhatikan di sini, apa saja penyebab timbulnya kantung mata yang perlu Anda ketahui.

1. Kurang Tidur

Waktu tidur yang kurang dapat memicu munculnya lingkaran gelap di bawah mata  dan wajah terlihat letih bahkan nampak lebih tua. Semakin kurangnya waktu tidur Anda, kantung mata Anda akan semakin mudah terlihat.

Pada saat tidur darah mampu mengalir dengan baik ke area sekitar mata. Hal ini berbeda saat Anda kurang tidur, aliran darah ke area mata menjadi terganggu dan akibatnya darah yang menumpuk di bawah mata bisa terlihat. Ini karena area bawah mata Anda sangatlah tipis.

Namun tidur berlebihan pun juga sama pengaruhnya terhadap munculnya kantung mata Anda. Jadi tidurlah yang cukup setiap hari antara 7-8 jam per hari untuk mencegah timbulnya kantung mata.

Baca juga : Mengatasi Kantung Mata dengan Gelombang Radio Frequency

2. Dehidrasi

Tanpa Anda sadari dehidrasi atau kekuarangan cairan juga akan membuat kulit di bawah mata akan tampak kusam dan cekung sehingga pembuluh darah terlihat jelas lebih gelap.

3. Terpapar Sinar Matahari

Paparan sinar matahari dapat merangsang tubuh memproduksi melanin lebih banyak. Melanin merupakan pigmen yang membuat kulit menjadi gelap. Sehingga, paparan matahari yang semakin banyak mengenai area mata Anda, maka pigmentasi semakin mudah terjadi, sehingga warnanya area bawah mata menjadi lebih gelap.

Baca juga : 12 Kebiasan Penyebab Penuaan Dini pada Kulit

4. Reaksi Alergi

Lingkaran hitam pada area mata dapat dipicu juga karena reaksi alergi dan mata kering. Ketika tubuh mengalami alergi, tubuh akan mengeluarkan histamin sebagai respon adanya pemicu alergi. Histamin bisa menimbulkan pembuluh darah melebar dan menjadi lebih nampak jelas, khususnya pada area di bagian bawah mata.

5. Melemahnya kulit dan otot kelopak mata karena faktor usia

Seiring dengan bertambahnya umur, wajar bagi siapapun untuk mengalami penuaan. Hal ini berpengaruh pada otot dan jaringan tubuh menjadi melemah khususnya pada jaringan yang menopang kelopak mata.

Semakin usia seseorang bertambah, kulit perlahan-lahan mulai kehilangan elastisitasnya. Selama kondisi ini, pembuluh darah di bawah mata akan makin terlihat jelas.

Begitupun lemak yang menopang mata bisa bergeser ke bawah kelopak mata dan ini juga yang menyebabkan mata jadi bengkak.

Baca juga : 10 Cara Menjaga Kesehatan Kulit yang Penting Dilakukan

6. Penumpukan Cairan

Penumpukan cairan pada bagian kelopak mata dapat disebabkan oleh faktor tertentu seperti melemahnya kelopak mata akibat pertambahan usia atau karena pola makan tinggi garam. Cairan yang menumpuk tersebut menyebabkan mata tampak gelap dan bengkak.

Baca juga : 11 Urutan Pemakaian Skincare yang Tepat Pagi Sampai Malam

7. Faktor Keturunan

Kantung mata yang timbul karena faktor keturunan biasanya muncul sejak kecil, kemudian bisa hilang atau justru lebih parah.

Hal ini bisa berkaitan dengan gangguan medis yang diturunkan oleh orang tua, misalnya penyakit tiroid. Sebaiknya pengobatan penyakit terkait ini perlu didahulukan sebelum menghilangkan kantung mata.

8. Kebiasaan Menatap Layar Gadget

Menatap layar komputer atau handphone dalam waktu yang lama bisa memicu ketegangan pada mata. Sehingga membuat pembuluh darah di area mata Anda jadi membesar dan kulit sekitar mata pun menjadi nampak gelap.

Kantung mata sebenarnya bisa menjadi kondisi sementara bagi sebagian orang terkait dengan kondisi kurang tidur atau penuaan tubuh. Hal itu bisa diatasi dengan melakukan perawatan sendiri di rumah, perawatan medis yang sesuai dengan penyebabnya, atau perawatan khusus di klinik kecantikan.

Jika ada pertanyaan, keluhan, atau ingin mencoba perawatan kantung mata, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter kecantikan kami di Glow+ Aesthetic Clinic.

Reservasi untuk Kecantikan Anda