7 Manfaat Day Cream untuk Kulit Kering dan Rentan Berjerawat

Penulis Oleh:

Iwan Mukhtar

Bagikan

Tahukah Anda bahwa semua jenis kulit apapun memerlukan pelembab untuk menjaganya dari kerusakan. Ada pelembab yang disebut Day Cream (krim pagi) untuk digunakan pada siang hari dan Night Cream (krim malam) yang bisa dipakai pada malam hari. Kenapa harus beda? Karena produk Day Cream dan Night Cream memiliki fungsi yang berbeda untuk merawat kulit wajah. 

Perbedaan Day Cream dengan Night Cream

Day Cream biasanya mengandung pelembab dan antioksidan. Sedangkan, Night Cream biasanya mengandung bahan aktif  untuk meremajakan kulit. Karena pada saat tidur malam, sel-sel kulit yang rusak akan memperbaiki dan meremajakan dirinya secara alami. 

Dari sisi tekstur, keduanya pun berbeda. Umumnya, Day Cream bertekstur lebih ringan sehingga dapat menyerap ke dalam kulit. Sedangkan Night Cream bertekstur lebih pekat dan berat karena lebih memberikan kelembaban.

 

Manfaat Day Cream untuk Kulit Kering 

1. Melembabkan kulit wajah

Peran Day Cream sangat penting untuk kulit wajah Anda. Pada saat kondisi kulit kering dan hanya bisa memproduksi sedikit minyak untuk melembabkan secara alami, disinilah kulit Anda butuh bantuan krim pagi  yang akan dapat menghidrasi kulit dengan kandungan seperti glycerin dan hyaluronic acid.

2. Meremajakan kulit

Pemakaian krim pagi secara rutin dapat mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini. Jika tidak dilembabkan dan dihidrasi, maka pada kulit wajah Anda mudah muncul garis-garis halus. 

3. Menjaga kulit wajah

Pelembab wajah yang dipakai secara rutin pada pagi hari akan membentuk lapisan pelindung yang menjaga kulit Anda baik dari polusi maupun dari paparan sinar matahari langsung.

4. Mengurangi penguapan cairan dari lapisan kulit

Pelembab bekerja dengan membentuk lapisan di atas permukaan kulit yang akan menjaga penguapan berlebihan cairan dari lapisan kulit Anda.

5. Memperbaiki dan menguatkan skin barrier

Skin barrier merupakan lapisan penghalang terluar pada kulit yang membatasi kulit dari pengaruh lingkungan dan bersifat mudah rusak saat menjalankan perannya. Dengan pemakaian krim pagi dapat membantu menjaga skin barrier tetap berfungsi optimal.

6. Mencerahkan wajah

Kulit wajah yang kekurangan minyak alami untuk melembabkan kulit dapat memicu masalah pada kulit seperti kusam dan kehilangan cahaya alaminya. Pemakaian krim pagi secara teratur dapat bantu menghidrasi kulit sehingga dapat mencerahkannya.

7. Menghaluskan kulit wajah

Day Cream umumnya mengandung bahan emolien yang bisa masuk ke dalam celah-celah kulit dan mengisinya. Hal tersebut bisa membuat kulit kering menjadi lembut dan halus.

 

Rekomendasi Krim Pagi Produk Forever Glow

1. Forever Glow Vitamin B Booster 10 g

Day Cream - Vitamin B Booster
Forever Glow – Day Cream Vitamin B Booster

Rekomendasi krim pagi dari Glow+ Clinic pertama adalah Vitamin B Booster.  Produk ini berbentuk gel yang berbahan dasar air dan tidak lengket di kulit, memiliki kandungan humektan dan niacinamide, butylene glycol yang berfungsi melembabkan  wajah, melindungi kulit agar tetap sehat dan mencegah penuaan dini.

2. Forever Glow Aqua Boost Moisturizer 12.5 g

Forever Glow - Aqua Boost Moisturizer
Forever Glow – Aqua Boost Moisturizer

Day Cream yang kedua dari Forever Glow adalah Aqua Boost Moisturizer yang kaya akan kandungan humektan. Humektan merupakan zat higroskopis yang bisa menarik air dari lapisan kedua (dermis) ke lapisan kulit ada di atasnya untuk meningkatkan kelembaban kulit. Emollient menutupi kulit dengan lapisan pelindung untuk mempertahankan kelembaban. 

Saat lapisan atas kulit tidak mengandung cukup air, maka kulit akan kering, retak, meninggalkan ruang terbuka di antara sel-sel kulit  dan mengelupas. Emolien akan mengisi ruang tersebut dengan zat berlemak, yang disebut lipid yang bisa membuat kulit lebih halus dan lembut.

3. Forever Glow Daily Moisturizer 12,5 g

Forever Glow Daily Moisturizer 12,5 g
Forever Glow Daily Moisturizer 12,5 g

Day Cream berikutnya adalah Daily Moisturizer yang cocok untuk kulit normal. Krim pagi ini mengandung Caprylic/Capric Triglycerides yang merupakan emolien ringan, berfungsi melembabkan dan melindungi kulit agar membuatnya berminyak. Zat ini berasal ari minyak kelapa yang alami dan bebas pewangi. Berfungsi sebagai pengganti yang sangat baik untuk produk pelembab yang berasal dari minyak bumi seperti mineral oil. 

Cara Memakai Day Cream atau Krim Pagi yang Benar

Cara yang tepat menggunakan krim pagi adalah dengan memastikan wajah dan leher sudah dalam kondisi bersih terlebih dahulu, kemudian ambil Day Cream secukupnya dengan ujung jari, oleskan pada bagian dahi, kedua pipi, hidung, dan dagu secara merata. Kalau masih ada Day Cream yang tersisa, dapat dioleskan ke area leher agar ikut mendapatkan perawatan.

 

Editor : dr. Rika Baca juga:

10 Cara Menjaga Kesehatan Kulit yang Penting Dilakukan

11 Urutan Pemakaian Skincare yang Tepat Pagi Sampai Malam

 

Artikel Terbaru

Berlangganan Artikel

Dapatkan update artikel terbaru

Reservasi untuk Kecantikan Anda